PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA DI SMPN 4 TAMBANG KAB. KAMPAR

JULI LESTARI, (2012) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN TEKNIK KANCING GEMERINCING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA DI SMPN 4 TAMBANG KAB. KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012454.pdf

Download (357kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan teknik kancing gemerincing berpengaruh terhadap berpikir kritis siswa. Kemudian untuk mengetahui berapa besar pengaruh siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan teknik kancing gemerincing, dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada pengaruh Strategi Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan Teknik Kancing Gemerincing terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa di kelas VII SMP N 4 Tambang, Kab. Kampar? Berapa besar pengaruh Strategi Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan Teknik Kancing Gemerincing terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa?” Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tambang yang berjumlah 62 orang, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VII A dan VII B yang telah diuji homogenitasnya menggunakan uji Bartlett. Objek penelitian ini adalah berpikir kritis siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes, yang dilakukan setiap kali pertemuan. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan teknik kancing gemerincing dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Liliefors untuk menguji normalitas data, kemudian digunakan rumus tes-t untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh berpikir kritis siswa selama proses pembelajaran berlangsung dengan menggunakan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan teknik kancing gemerincing. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam berpikir kritis siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan teknik kancing gemerincing dan besar pengaruhnya adalah 41,22%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 03 Feb 2016 04:39
Last Modified: 03 Feb 2016 04:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2369

Actions (login required)

View Item View Item