PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN TIPE SEARCH SOLVE CREATE SHARE (SSCS) DI MTs DARUL HIKMAH PEKANBARU

SHINTA FITRI, (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN TIPE SEARCH SOLVE CREATE SHARE (SSCS) DI MTs DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012445.pdf

Download (882kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang baik antara menggunakan pembelajaran model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan tipe Search Solve Create Share (SSCS) pada pokok bahasan Himpunan terhadap hasil belajar matematika siswa di MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan tipe Search Solve Create Share (SSCS) pada pokok bahasan Himpunan?” Penelitian ini merupakan penelitian komparasi yang mana menemukan suatu perbedaan antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan tipe Search Solve Create Share (SSCS), di penelitian ini peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) merupakan variabel X1 dan tipe Search Solve Create Share (SSCS) merupakan variabel X2 (variabel bebas) dan hasil belajar merupakan variabel Y (variabel terikat). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII dan sampel yang digunakan adalah kelas VIIA5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIA4 sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII berjumlah 60 orang dan objeknya adalah hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS). Teknik pengumpulan datanya berupa observasi, dokumentasi dan tes. Data inilah yang diolah menggunakan rumus tes-t. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan tipe Search Solve Create Share (SSCS) di MTs Darul Hikmah Pekanbaru. Ini terlihat berdasarkan perbandingan thitung dengan ttabel baik pada taraf signifikan 1% maupun 5% menunjukkan thitung lebih besar daripada ttabel (2,00 < 3,445 > 2,65). Serta Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik daripada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Search Solve Create Share (SSCS) yang diterapkan pada pokok bahasan Himpunan di MTs Darul Hikmah Pekanbaru yang dibuktikan dengan perbedaan signifikan rata-ratanya yaitu 82,533 untuk rata-rata Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan 70,933 untuk Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Search Solve Create Share (SSCS).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 03 Feb 2016 03:51
Last Modified: 03 Feb 2016 03:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2367

Actions (login required)

View Item View Item