Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN INTERNET OF THINGS (IOT) UNTUK SISTEM MONITORING PADA PENGATURAN SUHU DAN KELEMBAPAN KANDANG AYAM BERBASIS FUZZY

Jamaluddin Husein, 11455101958 (2019) PENGEMBANGAN INTERNET OF THINGS (IOT) UNTUK SISTEM MONITORING PADA PENGATURAN SUHU DAN KELEMBAPAN KANDANG AYAM BERBASIS FUZZY. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (TA Tanpa Bab 4)
TA Tanpa Bab 4 watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Seiring tingginya peningkatan ayam ras pedaging (broiler) setiap tahun menyebabkan adanya beberapa faktor yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah suhu dan kelembapan pada kandang. Pada awal pemeliharaan, kepadatan kandang adalah 10 ekor/1m^2. Jika lebih dari angka tersebut dapat menyebabkan broiler dalam keadaan kurang optimal. Pada masa brooding kebutuhan suhu dan kelembapan adalah 29°C-35°C dan 60%-70%. Pengaturan suhu dan kelembapan secara konvensional, masih belum dapat mempertahankan kebutuhan suhu dan kelembapan pada kandang. Maka perlu dilakukan pengendalian otomatis dengan menggunakan metode Logika fuzzy dan konsep internet of things (IoT). Dari hasil implementasi yang dilakukan, sistem telah dapat menjaga set point suhu dan kelembapan dan mendapatkan pertumbuhan broiler yang seragam, adapun nilai kestabilan terbaik pada kondisi kandang tanpa DOC menghasilkan parameter suhu overshoot tidak ada dan error steady state 0,48, untuk kelembapan tidak ada overshoot dan error steady state. Pada kondisi kandang ada DOC, menghasilkan parameter suhu overshoot 0,06, dan error steady state 0,15, untuk kelembapan overshoot 0,1 dan error steady 0,4. Sedangkan konsep IoT telah dapat memberikan informasi terkini suhu dan kelembapan kandang kepada peternak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 005 Program Komputer, program-program, data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 19 Dec 2019 06:29
Last Modified: 19 Dec 2019 06:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23653

Actions (login required)

View Item View Item