RAFLY SATIAWAN( (2012) PENGARUH PEMBELAJARANGENERATIF TERHADAPKEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PADA SISWA MTs AL-HUDA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.
|
Text
2012_2012440.pdf Download (436kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran generatif terhadap kemampuan pemahaman konsep pada siswa MTs AL-HUDA Pekanbaru. Kemudian untuk mengetahui besar pengaruh pembelajaran generatif terhadap pamahaman konsep siswa. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat pengaruh pembelajaran generatif terhadap pemahaman konsep pada siswa MTs AL-HUDA Pekanbaru? Berapa besar pengaruh Strategi Pembelajaran generatif terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa?”. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs AL-HUDA Pekanbaru yang berjumlah 65 orang dan objek penelitian ini adalah pemahaman konsep siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes yang sama kepada kedua kelas. Tes yang sama bertujuan untuk mengetahui pengaruh perlakuan yang berbeda terhadap pemahaman konsep siswa. Penulis menggunakan tes”t” untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa pemahaman konsep siswa dengan pembelajaran generatif lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. Ini terlihat dari mean ketuntasan hasil belajar dengan pembelajaran generatif sebesar 52,931 lebih baik dari hasil belajar dengan pembelajaran konvensional sebesar 34,028. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran generatif terhadap pemahaman konsep pada siswa MTs AL-HUDA Pekanbaru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Surya Elhadi |
Date Deposited: | 03 Feb 2016 03:43 |
Last Modified: | 03 Feb 2016 03:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2365 |
Actions (login required)
View Item |