PENGARUH KETERAMPILAN BELAJAR DENGAN CARA MEMBUAT PETA PIKIRAN DAN BELAJAR MEMUTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 6 PEKANBARU

Aswira Sawaluddin, (2012) PENGARUH KETERAMPILAN BELAJAR DENGAN CARA MEMBUAT PETA PIKIRAN DAN BELAJAR MEMUTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 6 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012439.pdf

Download (657kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh keterampilan belajar dengan cara membuat peta dan belajar memutar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6 Pekanbaru. Dimana Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest and Posttest Design with Nonequivalent Control Group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6 Pekanbaru Semester Genap tahun pelajaran 2011/2012, yang berjumlah 40 siswa pada masing-masing kelas. Sampel penelitian ini adalah kelompok eksperimen dengan Peta Pikiran dari kelas XI IPA1 sebanyak 40 siswa, kelompok eksperimen dengan belajar memutar dari kelas XI IPA2 sebanyak 40 siswa dan kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional dari kelas XI IPA3 sebanyak 40 siswa. Jadi banyaknya sampel seluruhnya adalah 120 siswa diperoleh dengan cara sampling pertimbangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa. Observasi dilakukan oleh guru bidang studi. Observasi dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan dengan keterampilan belajar Peta Pikiran dan Belajar Memutar. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui lembar tes siswa setelah tindakan. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa dengan menerapkan keterampilan belajar dengan membuat Peta Pikiran dan Belajar Memutar lebih baik dari pada pembelajaran Konvensional. Ini terlihat dari mean ketuntasan hasil belajar dengan membuat Peta Pikiran sebesar 68,76, dan Belajar Memutar sebesar 59,85 lebih baik dari hasil belajar Konvensional sebesar 55,7. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan belajar dengan cara membuat Peta pikiran dan belajar Memutar berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Negeri 6 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 03 Feb 2016 03:38
Last Modified: 03 Feb 2016 03:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2364

Actions (login required)

View Item View Item