Perbandingan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Metode Resitasi dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division dengan Pembelajaran Konvensional Siswa Kelas X di MAN Kuok Bangkinang Barat

Inda Febrianti,, (2012) Perbandingan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Metode Resitasi dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division dengan Pembelajaran Konvensional Siswa Kelas X di MAN Kuok Bangkinang Barat. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012428.pdf

Download (911kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan metode resitasi dalam model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division dengan pembelajaran konvensional pada pokok bahasan perbandingan dan fungsi trigonometri siswa kelas X MAN Kuok Bangkinang Barat. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan metode resitasi dalam model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada pokok pembahasan perbandingan dan fungsi trigonometri siswa kelas X MAN Kuok Bangkinang Barat? Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XA sebagai kelas eksperiment dan XD sebagai kelas kontrol yang berjumlah 72 orang dan objek penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan dokumentasi, observasi dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan metode resitasi dalam model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut peneliti menghitung sendiri datanya secara manual. Berdasarkan hasil data yang diperoleh, dianalisis dengan menggunakan test t. Analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung = 3,11 dan ttabel pada taraf signifikan 5% dan 1% sebesar 2,00 dan 2,65. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel yang berarti hipotesis yang menyatakan Tidak adanya perbedaan yang signifikan antara pemahaman konsep matematika siswa menggunakan metode resitasi dalam model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada pokok pembahasan perbandingan dan fungsi trigonometri siswa kelas X MAN Kuok Bangkinang Barat ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa Adanya perbedaan yang signifikan antara pemahaman konsep matematika siswa menggunakan metode resitasi dalam model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada pokok pembahasan perbandingan dan fungsi trigonometri siswa kelas X MAN Kuok Bangkinang Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 03 Feb 2016 03:35
Last Modified: 03 Feb 2016 03:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2363

Actions (login required)

View Item View Item