Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Model Pembelajjaran Inkuiri Sosial Inquiry Social) terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kampar.

Anisa Nabilla, - (2019) Pengaruh Model Pembelajjaran Inkuiri Sosial Inquiry Social) terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
baba iv anisa.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
1.COVER SKRIPSI anisa nabilla-digabungkan(1).pdf

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK Anisa Nabilla, (2019) : Pengaruh Model Pembelajjaran Inkuiri Sosial Inquiry Social) terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kampar. Penelitian ini bertujuaan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran inkuiri sosial (inquiry social) terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kampar. Dengan dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa dan objek penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Inkuiri Sosial (Inquiry Social) terhadap keaktifan belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 43 orang siswa dan sampel penelitian ini berjumlah 43 orang siswa yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji tes T. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan keaktifan belajar siswa yang belajar dengan penggunaan model pembelajaran Inkuiri Sosial (Inquiry Social) dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Ekonomi. Hal ini terlihat dari uji tes-t yaitu t hitung >t pada taraf signifikan 5% dan 1% (2,000<20,852>2,660) yang berarti model pembelajaran Inkuiri Sosial (Inquiry ix tabel Social) berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa atau dengan kata lain kekatifan belajar siswa di kelas eksperimen berpengaruh signifikan dibandingkan dengan kekatifan belajar siswa pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kata kunci: Model Pembelajaran Inkuiri Sosial – Keaktifan Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Dec 2019 03:47
Last Modified: 19 Dec 2019 03:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23617

Actions (login required)

View Item View Item