Analisis Penjualan Hasil Komoditas Kelapa terhadap Pendapatan Petani Kelapa di Kecamatan Gaung Anak Serka ditinjau Menurut Ekonomi Islam.

Windasari, - (2019) Analisis Penjualan Hasil Komoditas Kelapa terhadap Pendapatan Petani Kelapa di Kecamatan Gaung Anak Serka ditinjau Menurut Ekonomi Islam. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
GABUNG.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Windasari, (2019) Analisis Penjualan Hasil Komoditas Kelapa terhadap Pendapatan Petani Kelapa di Kecamatan Gaung Anak Serka ditinjau Menurut Ekonomi Islam. Rendahnya harga jual kelapa mengakibatkan dampak yang buruk bagi masyarakat ditambah lagi kelapa merupakan sumber penghasilan utama bagi para petani, hal seperti ini maka diperlukan penelitian dalam bentuk analisis penjualan hasil komoditas kelapa dan penerapan kajian ekonomi Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dilaksanakan di Kecamatan Gaung Anak Serka dengan jumlah populasi keseluruhan 120 orang dan sampel dalam penelitian berjumlah 12 orang petani kelapa di Kecamatan Gaung Anak Serka, dengan teknik total sampling. Sumber data yang penulis gunakan yaitu data primer dan data sekunder dan metode pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah wawancara dan dokumentasi. Analisis yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana analisis penjualan hasil komoditas kelapa di Kecamatan Gaung Anak Serka, serta untuk mengatahui bagaimana tinjauan dalam ekonomi Islam terhadap analisis penjualan hasil komoditas kelapa terhadap pendapatan petani. Permasalahan dalam penelitian ini adalah, bagaimana pola pemasaran hasil komoditas kelapa, apa faktor pendukung dan penghambat pemasaran hasil komoditas kelapa dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap pemasaran hasil komoditas kelapa di Kecamatan Gaung Anak Serka. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa rendahnya harga kelapa yang disebab kan karena adanya monopoli perusahaan (PT. Sambu Group) dan adanya kegiatan pencekalan petani untuk menjual ke Provinsi lain. Dalam kondisi ini berbanding terbalik dengan harga kebutuhan pokok yang semakin meningkat sedangkan harga penjualan kelapa mengalami penurunan harga. Petani harus lebih giat untuk pengolahan kelapa guna meningkatkan kualitas harga jual. Dalam tinjaun ekonomi Islam penelitian analisis penjualan hasil komoditas kelapa tehadap pendapatan petani di Kecamatan Gaung Anak Serka dari segi prinsip-prinsip dan manfaat ekonomi Islam sudah sesuai dengan yang telah ditetapkan hanya dalam segi harga yang belum sesui dengan tinjaun ekonomi Islam karena dalam hal ini pihak petani mengalami kerugian sementara pengepul (toke) menjual dengan harga tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 19 Dec 2019 03:58
Last Modified: 19 Dec 2019 03:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23613

Actions (login required)

View Item View Item