MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN MODEL BELA H. BANATHY SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH DAR EL HIKMAH PEKANBARU

Wulandari Josri,, (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN MODEL BELA H. BANATHY SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH DAR EL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012418.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI MA Dar El Hikmah Pekanbaru melalui penerapan model pembelajaran Bela H. Banathy. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya “Bagaimana Penerapan Pembelajaran Bela H. Banathy dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MA Dar El Pekanbaru”? Penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas, yaitu dimana guru yang menerapkan model pembelajaran dan peneliti yang melakukan observasi berdasarkan aspek yang terdapat dalam model pembelajaran yang digunakan. Siswa kelas XI MA Dar EL Hikmah yang berjumlah 34 orang, dijadikan responden dalam penelitian ini. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes. Peneliti memberikan tes di akhir pembelajaran. Setelah diperoleh data hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan tindakan, kemudian data dianalisis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Analisis ketuntasan berdasarkan skor yang diperoleh siswa sebelum tindakan, diperoleh hasilnya secara klasikal dengan rata-rata 67,7% sedangkan setelah tindakan diperoleh hasil sebagai berikut: Siklus I 20,6%, Siklus II 32,4%, siklus III 67,7%, dan siklus IVadalah 82,4%. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis tindakan, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Bella H. Banathy dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI MA Dar EL Hikmah Pekanbaru. Hal ini dapat dilihat dari analisis ketuntasan belajar siswa kelas XI MA Dar El Hikmah setelah tindakan. Berdasarkan hasil analisis ketuntasan individual dari 34 siswa, diperoleh 28 siswa tuntas dan 6 siswa yang belum tuntas, dengan rata-rata ketuntasan secara klasikal adalah 82,4%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 03 Feb 2016 03:21
Last Modified: 03 Feb 2016 03:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2360

Actions (login required)

View Item View Item