PENERAPAN METODE PENGAJARAN UNIT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs KHAIRUL UMMAH AIR MOLEK

Desi Yensari, (2012) PENERAPAN METODE PENGAJARAN UNIT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTs KHAIRUL UMMAH AIR MOLEK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012402.pdf

Download (473kB) | Preview

Abstract

Penelitian berawal dari perlu adanya refresh dan pembaharuan dalam peningkatan kualitas guru dalam pengelolaan pembelajaran. Penelitian ini diharapkan mampu menginspirasi guru matematika kelas VII MTs. Khairul Ummah Air Molek untuk menerapkan metode pengajaran unit pada pokok bahasan segitiga dan segiempat dalam rangka meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan aktivitas belajar matematika pada siswa kelas VII MTs. Khairul Ummah Air Molek melalui penerapan metode pengajaran unit. Adapun permasalahan yang akan penulis kaji dapat dirumuskan sebagai berikut: Apakah penerapan metode pengajaran unit dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas VII MTs. Khairul Ummah Air Molek? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs. Khairul Ummah Air Molek dan objeknya adalah penerapan metode pengajaran unit. Pokok bahasan yang diambil dalam penelitian ini adalah bangun datar segitiga dan segi empat. Pengambilan data dalam penelitian ini, yaitu sebelum penerapan dan dengan penerapan metode pengajaran unit peneliti mengadakan observasi aktivitas dengan 2 observer. Data yang diperoleh hasil dari penelitian merupakan data ordinal yang kemudian akan dianalisis dengan analisis deskriptif kemudian dilanjutkan dengan analisis inferensial menggunakan rumus Chi Kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas matematika siswa dari setiap siklusnya, yaitu sebelum penerapan, siklus I, siklus II, dan siklus III secara berurutan rata-rata jumlah persentase aktivitas siswa untuk semua indikator adalah 48,92%, 73,73%, 83,86% dan 88,64%. Selain itu jumlah siswa yang mencapai keberhasilan dalam aktivitas setiap siklusnya juga terjadi peningkatan. Dari analisis data melalui SPSS tindakan yang dilakukan mengenai penggunaan metode pengajaran unit terjadi peningkatan setiap siklusnya diperoleh tabel perhitungan Chi Kuadrat (X2), pada siklus I = 29.670, siklus II = 46,667 dan siklus III yaitu 47,333 berarti lebih besar dari taraf signifikan 5% = 9,21 maupun pada taraf 1% = 5,99. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pengajaran unit dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa matematika kelas VII di MTs. Khairul Ummah Air Molek pada pokok bahasan segitiga dan segiempat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 03 Feb 2016 03:16
Last Modified: 03 Feb 2016 03:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2359

Actions (login required)

View Item View Item