Strategi Promosi Produk Pembiayaan Mudharabah Terhadap Usaha Mikro Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Duri

Gustia Anggraini, - (2019) Strategi Promosi Produk Pembiayaan Mudharabah Terhadap Usaha Mikro Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Duri. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Gustia Anggraini, (2019): Strategi Promosi Produk Pembiayaan Mudharabah Terhadap Usaha Mikro Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Duri. Usaha mikro adalah usaha produktif milik orang atau perseorangan dan badan usaha perseorangan yang mempunyai kriteria usaha mikro sebagaimana diatur dalam Undang-Undang. Dalam proses memasarkan pembiayaan mudharabah terhadap usaha mikro tidak selalu berjalan lancar, karena pembiayaan mudharabah kurang diminati oleh calon nasabah dan calon nasabah masih banyak yang belum mengetahui tentang pembiayaan mudharabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi produk pembiayaan mudharabah terhadap usaha mikro dan untuk mengetahui apa hambatan yang dihadapi oleh Bank Syariah Mandiri cabang Duri dalam mempromosikan produk pembiayaan mudharabah terhadap usaha mikro. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Duri yang beralamat di Jl. Hangtuah kelurahan Balai Makam Kecamatan Mandau, Bengkalis. Informan dalam penelitian ini yaitu berjumlah 4 orang, yaitu bagian Adm Mikro, Adm Marketing, Mitra Mikro. Analisis data dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dan sumber data yang ada pada penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder sedangkan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi promosi pembiayaan mudharabah, Pertama dengan metode door to door, manfaatkan media yang ada seperti radio, brosur, pemasangan spanduk, menjadi sponsor dalam sebuah acara, Kedua dengan strategi produk, dan Ketiga strategi tempat. Sedangkan kendala yang dihadapi dalam mempromosikan, yaitu kurang atau minimnya pengetahuan para calon nasabah, calon nasabah tidak memiliki jaminan, dan adanya bank pesaing yang memiliki produk sejenis dengan produk pembiayaan warung mikro. Kata kunci: Strategi Promosi, Pembiayaan Mudharabah, Usaha Mikro

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:00
Last Modified: 19 Dec 2019 04:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23585

Actions (login required)

View Item View Item