PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA MTs MUHAMMADIYAH PENYASAWAN KECAMATAN KAMPAR

Desy Angreini, (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA MTs MUHAMMADIYAH PENYASAWAN KECAMATAN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012398.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Head Togeteher (NHT) Dan Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa MTs Muhammadiyah Penyasawan Kecamatan Kampar pada pokok bahasan Lingkaran. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah“Apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Penyasawan Kecamatan Kampar pada pokok bahasan Lingkaran?” Penelitian ini merupakan penelitian komparasi untuk menemukan suatu perbedaan antara penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Student Team Achievement Division (STAD), di penelitian ini peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini pembelajaran Kooperatif Tipe NHT merupakan variabel X1, pembelajaran tipe STAD merupakan variabel X2 dan hasil belajar merupakan variabel Y. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTS Muhammadiyah Penyasawan dan sampel yang digunakan adalah kelas VIIIA sebagai kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan kelas VIIIB sebagai kelas yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divison (STAD). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII berjumlah 82 orang dan objeknya adalah hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran STAD. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi, dokumentasi dan tes yang dilakukan pada pertemuan ke enam setelah pertemuan pembelejaran selesai. Data inilah yang diolah menggunakan rumus tes-t dan diperoleh nilai t sebesar 4,115 dengan nilai signifikan sebesar 2,69 yang mana nilai signifikan yang diperoleh dari perhitungan lebih besar dari taraf signifikan α = 0,05, maka Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dan Student Team Achievement Division (STAD) pada pokok bahasan Lingkaran di MTs Muhammadiyah Penyasawan Kecamatan Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 03 Feb 2016 03:11
Last Modified: 03 Feb 2016 03:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2358

Actions (login required)

View Item View Item