Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA MTs AL-FALAH JATIBARU KECAMATAN BUNGARAYA KABUPATEN SIAK

Eka Priwahyuni (2012) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA MTs AL-FALAH JATIBARU KECAMATAN BUNGARAYA KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012396.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) Dan Student Team Achievement Division (STAD) pada siswa MTs Al Falah Jatibaru Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak pada pokok bahasan Aljabar. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah“Apakah terdapat perbedaan Hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dan Student Team Achievement Division (STAD) pada Siswa Kelas VII MTs Al-Falah Jatibaru Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak pada pokok bahasan Aljabar?” Penelitian ini merupakan penelitian komparasi untuk menemukan suatu perbedaan antara penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan Student Team Achievement Division (STAD), dipenelitian ini peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini pembelajaran Kooperatif Tipe GI merupakan variabel X1, pembelajaran tipe STAD merupakan variabel X2 dan hasil belajar merupakan variabel Y. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Al Falah Jatibaru Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan Subjek penelitian adalah siswa kelas VII berjumlah 48 orang dan objeknya adalah hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI dan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran STAD. Teknik pengumpulan datanya berupa observasi, dokumentasi dan tes yang dilakukan pada pertemuan ke empat setelah pertemuan pembelajaran selesai. Data inilah yang diolah menggunakan rumus tes-t dan diperoleh nilai t sebesar 5,040 dengan nilai signifikan 5% sebesar 2,02 signifikan 1% = 2,69, (2,02 < 5,040 > 2,69) maka Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika Siswa menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dan Student Team Achievement Division (STAD) pada pokok bahasan Aljabar di MTs Al Falah Jatibaru Kecamatan Bungaraya Kabupaten Siak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 03 Feb 2016 03:09
Last Modified: 03 Feb 2016 03:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2357

Actions (login required)

View Item View Item