Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN ALGORITMA K-MODES CLUSTERING UNTUK PENGELOMPOKKAN DESA RAWAN KEBAKARAN DI PROVINSI RIAU (Studi Kasus: BPBD Riau)

Linda Yuliana, - (2019) PENERAPAN ALGORITMA K-MODES CLUSTERING UNTUK PENGELOMPOKKAN DESA RAWAN KEBAKARAN DI PROVINSI RIAU (Studi Kasus: BPBD Riau). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB V)
laporan bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img] Text
laporan kec bab 5 SEMUA WATERMARK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kebakaran hutan adalah suatu masalah yang selalu terjadi di Indonesia pada setiap tahunnya. Hampir setiap tahun nilai kebakaran lahan dan hutan selalu bertambah, baik yang disengaja ataupun tidak disengaja. Karena hal tersebut menjadikan pencemaran udara pada beberapa daerah. Untuk mengurangi terjadi kebakaran dini diperlukan suatu sistem pengolahan data untuk mengolah data yang bersifat banyak, rumit dan membutuhkan waktu penyelesaian yang panjang. Maka pada penelitian ini penulis menggunakan Data Mining metode Clustering dengan algoritma K-Modes. Clustering adalah proses mengelompokkan data ke dalam suatu kelas atau klaster, sehingga objek pada suatu klaster memiliki kemiripan yang sangat besar dengan objek lain pada klaster yang sama, tetapi sangat tidak mirip dengan objek pada klaster lain. Untuk menangani masalah data kategorik, dalam penelitian ini akan dibahas sebuah algoritma bernama K-Modes yang merupakan varian dari algoritma k-means. Sama halnya seperti algoritma k-means, algoritma K-Modes ini menghasilkan solusi local optimum. Berdasarkan hasil pengujian validitas cluster menggunakan Davies Boudin Index (DBI) Pengelompokkan Cluster terbaik terdapat pada Pembagian 2 Cluster dan Pembagian 5 Cluster hal ini dibuktikan dengan nilai validitas 0,84 dan 1,54. Kata Kunci: Clustering, Data Mining, Kebakaran Lahan dan Hutan, K-Modes, Davies Boudin Index (DBI).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 19 Dec 2019 02:42
Last Modified: 19 Dec 2019 02:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23564

Actions (login required)

View Item View Item