Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Minat Belajar Siswa di Pekanbaru.

Venty Yana Tika, - (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Minat Belajar Siswa di Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV UPLOAD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (840kB)
[img] Text
UPLOAD PUSTAKA UNIV.pdf

Download (44MB)

Abstract

ABSTRAK Venty Yana Tika, (2019): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Minat Belajar Siswa di Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Group Investigation dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung, 2) ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki minat belajar tinggi, sedang, dan rendah, dan 3) ada atau tidaknya interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada siswa kelas VII SMPN 3 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi eksperimen dengan desain penelitian the nonequivalent posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Pekanbaru tahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling, terpilih kelas VII 5 sebagai kelompok eksperimen yang diberikan model pembelajaran Group Investigation, dan kelas VII 4 sebagai kelompok kontrol dengan pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji anova dua arah (two way anova). Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model Group Investigation dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki minat belajar tinggi, sedang, dan rendah 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: Group Investigation, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Dec 2019 07:25
Last Modified: 18 Dec 2019 07:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23553

Actions (login required)

View Item View Item