Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP

Ziva Virgia, - (2019) Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
SKRIPSI ZIVA VIRGIA.pdf

Download (37MB)

Abstract

ABSTRAK Ziva Virgia, (2019): Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran metakognitif terhadap kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 8 Tapung. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t. Hasil analisis data dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan α=0,05 diperoleh nilai thitung = 1,69461 > ttabel = 1,67109 untuk kemampuan pemahaman konsep matematis, dengan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol, dimana nilai rata-rata kelas eksprimen adalah 66,32 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 58,67. Sedangkan hasil analisis data untuk kemampuan pemecahan masalah menggunakan uji-t dengan taraf signifikan α=0,05 diperoleh nilai thitung = 1,94311 > ttabel = 1,67109, Dengan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol, dimana nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 67,35 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 59,63. Sehingga dapat disimpulkan bahwa : (1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengkuti pembelajaran dengan strategi metakognitif dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, (2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi metakognitif dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Strategi Metakognitif, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Dec 2019 07:23
Last Modified: 18 Dec 2019 07:25
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23552

Actions (login required)

View Item View Item