PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI ANDALAN PEKANBARU

PUTERI JANUARTI, (2012) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI ANDALAN PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012394.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika yang tertuang dalam Permendiknas No 22 tahun 2006 adalah peserta didik harus memiliki kemampuan berpikir kreatif. Tetapi fakta dilapangan menunjukkan kemampuan ini masih rendah. Padahal guru telah melakukan berbagai usaha untuk memenuhi tujuan tersebut, seperti pembelajaran secara kooperatif, mengulang materi yang tidak dipahami dan memperbanyak latihan soal. Tetapi usaha tersebut belum mampu membuat kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat. Berdasarkan latarbelakang masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kelas yang menggunakan model PBI atau kelas yang menggunakan model konvensional yang memiliki kemampuan berpikir kreatif lebih tinggi. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII MTs Negeri Andalan Pekanbaru yang pembelajarannya menggunakan model PBI lebih tinggi dari pada model konvensional? Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain The Nonequivalent Control Group Design. Pada desain ini nilai yang diolah adalah selisih antara nilai postes dan pretes. Pada penelitian ini peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII.6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan purposive sample. Objek penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi dan tes kempuan berpikir kreatif siswa. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama lima kali. Pretes diberikan pada 40 menit awal pertemuan pertama dan postes 40 menit akhir pertemuan kelima. Dokumentasi dan observasi dilakukan setiap pertemuan. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan uji Mann Whitney U (statistik non parametrik) dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang menggunakan model PBI lebih tinggi dari model konvensional. Hal ini terlihat dari nilai Zhitung (-6,046) < -Ztabel(-1,96). Pada kelas eksperimen kemampuan berpikir kreatif siswa berada pada kategori tinggi dengan indeks gain 0,703 sedangkan pada kelas kontrol berada pada kategori sedang dengan indeks gain 0,391.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 03 Feb 2016 03:03
Last Modified: 03 Feb 2016 03:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2355

Actions (login required)

View Item View Item