Pengaruh Pelayanan dan Trust (kepercayaan) terhadap Loyalitas Muzakki pada Lembaga Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Riau Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah

Siti Arifah, 11425200688 (2019) Pengaruh Pelayanan dan Trust (kepercayaan) terhadap Loyalitas Muzakki pada Lembaga Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Riau Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV BARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (859kB)
[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Siti Arifah (2019) : Pengaruh Pelayanan dan Trust (kepercayaan) terhadap Loyalitas Muzakki pada Lembaga Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Riau Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah Latar belakang penelitian ini dilihat dari hasil Wawancara dan Observasi awal, ditemukan bahwa Pelayanan dan Trust (kepercayaan) sudah baik, namun masih ada Muzakki yang tidak Loyal mendonasikan dananya pada LembagaIZI. maka dirumuskan masalah, Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara Pelayanan dan Trust (kepercayaan) terhadap Loyalitas Muzakki pada Lembaga IZI, Bagaimana tinjauan Ekonomi Syariah tentang Pengaruh Pelayanan dan Trust terhada Loyalitas Muzakki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh antara Pelayanan dan Trust (kepercayaan) terhadap Loyalitas Muzakki pada Lembaga IZI serta ditinjau menurut Ekonomi Syariah tentang Pengaruh Pelayanan dan Trust terhadap Loyalitas Muzakki tersebut. Penelitian ini dilakukan di Lembaga IZI Perwakilan Riau Penelitian ini dilakukan di Jln. Paus Perumahan Vila Permata Paus, Blok b No.2 Kec. Marpoyan Damai. Kab. Kota Pekanbaru. metode dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 4000 Muzakki diambil 5 % mengunakan rumus slovin, Maka sampel yang digunakan berjumlah 44 Muzakki dengan teknik random Sampling, 1 Pimpinan dan10 Karyawan diambil sampel 2 orang dengan teknik Purposive Sampling. Berdasarkan hasil Uji T diketahui bahwa Variabel Pelayanan (X1) tidak berpengaruh terhadap Variabel Loyalitas (Y) Muzakki dilihat dari nilai t hitung < t tabel (-0,183 < 2.019) dengan signifikansi sebesar 0,856 > 0,05. Maka diketahui bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Sedangkan Variabel kepercayaan (X2) berpengaruh terhadap Variabel Loyalitas (Y) Muzakki dengan nilai t hitung > t tabel (4,817 > 2.019) dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Maka diketahui bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil Uji F menunjukkan bahwa Variabel Pelayanan (X1) dan Kepercayaan (X2) berpengaruh Simultan atau secara bersama-sama berpengaruh terhadap Variabel Loyalitas (Y) Muzakki dilihat dari nilai F hitung > F tabel (912,513 > 3.23) dengan Signifikansi 0,000 < 0,05. Maka diketahui bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Menurut tinjauan Ekonomi Syariah, Pengaruh Pelayanan dan Trust (Kepercayaan) terhadap Loyalitas Muzkki telah sesuai dengan Syariah Islam. Dapat dilihat dari segi Pelayanan yang sudah dilakukan dengan benar, rapi, tertib, dan teratur. Dilihat dari segi Kepercayaan Lembaga IZI sudah amanah dalam menjalankan tugas, dari segi Loyalitas Lembaga IZI mampu memberi manfaat dan menjalin Silaturrahmi dengan Muzakki. Kata Kunci : Pelayanan, Trust, Loyalitas, Muzakki

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 18 Dec 2019 07:08
Last Modified: 18 Dec 2019 07:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23546

Actions (login required)

View Item View Item