PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PERMAINAN PENCOCOKAN KARTU INDEKS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HUBUNGAN DENGAN SIKAP BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI BERNAS BINAAN KHUSUS KABUPATEN PELALAWAN

NURHADIYA FITRi, (2012) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PERMAINAN PENCOCOKAN KARTU INDEKS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HUBUNGAN DENGAN SIKAP BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI BERNAS BINAAN KHUSUS KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012388.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran permainan pencocokan kartu indeks terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri Bernas Binaan Khusus Kabupaten Pelalawan, mengetahui bagaimana sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran permainan pencocokan kartu indeks, dan Menganalisis apakah ada hubungan sikap belajar siswa terhadap pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran permainaan pencocokan kartu indeks. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran permainan pencocokan kartu indeks terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMP Negeri Bernas Binaan Khusus Kabupaten Pelalawan?”, “bagaimana sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran permainan pencocokan kartu indeks di SMP Negeri Bernas Binaan Khusus Kabupaten pelalawan?”, dan “Apakah ada hubungan sikap belajar siswa terhadap pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran permainaan pencocokan kartu indeks?”. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen, di mana variabel penelitian tidak memungkinkan untuk dikontrol secara penuh. Dalam penelitian ini, peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8.1 dan siswa kelas 8.2 SMP Negeri Bernas Binaan Khusus Kabupaten Pelalawan yang berjumlah 68 orang dan objek penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lembar observasi, tes dan angket sikap siswa. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan strategi pembelajaran permainan pencocokan kartu indeks dan satu pertemuan lagi dilaksanakan postes. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut digunakan rumus tes-t, korelasi pearson product moment, dan angket sikap siswa dengan menggunakan Skala likert. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran permainan pencocokan kartu indeks terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini terlihat dari adanya perbedaan antara pemahaman konsep matematika kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan siswa memiliki sikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 03 Feb 2016 02:37
Last Modified: 03 Feb 2016 02:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2354

Actions (login required)

View Item View Item