PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 MANDAU KABUPATEN BENGKALIS

NOVISA PUTRI ARRITIA (2012) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 MANDAU KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012386.pdf

Download (937kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dan berapa besar pengaruh dari Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe Course Review Horay terhadap hasil belajar matematika siswa. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada pengaruh dari Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe Course Review Horay terhadap hasil belajar matematika siswa dan berapa besar pengaruh dari Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe Course Review Horay terhadap hasil belajar matematika siswa”. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain posttest-only design with nonequivalent group. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Mandau Kabupaten Bengkalis yang berjumlah 94 orang, terdiri dari 3 kelas. Objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini mengunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini dilaksanakan enam kali pertemuan, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe Course Review Horay dan satu kali pertemuan dilaksanakan postes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan rumus Tes-t untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe Course Review Horay terhadap hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis data, diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe Course Review Horay dan besar pengaruh dari Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe Course Review Horay terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Mandau Kabupaten Bengkalis adalah sebesar 11%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 03 Feb 2016 02:31
Last Modified: 03 Feb 2016 02:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2353

Actions (login required)

View Item View Item