Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENCEMARAN LIMBAH PT.RIAU ANDALAN PULP AND PAPER DI SUNGAI KELURAHAN PANGKALAN KERINCI TIMUR DITINJAU BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 101 TAHUN 2014 TENTANG PENGELOLAAN LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUNN

NADILA UMAYROH, 11527200253 (2019) PENCEMARAN LIMBAH PT.RIAU ANDALAN PULP AND PAPER DI SUNGAI KELURAHAN PANGKALAN KERINCI TIMUR DITINJAU BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 101 TAHUN 2014 TENTANG PENGELOLAAN LIMBAH BAHAN BERBAHAYA DAN BERACUNN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
bab iv dila.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] Text
GABUNG.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pasal 99 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun menyatakan bahwa pengolahan limbah B3 wajib dilaksanakan oleh setiap orang yang menghasilkan limbah B3. Seharusnya limbah B3 harus diolah sesuai amanat dari UndangUndang. Namun kenyataannya adalah PT.Riau Andalan Pulp And Paper (PT.RAPP) melakukan pencemaran dengan membuang limbah B3 langsung kesungai di Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur tanpa pengolahan limbah sesuai standarisasi. Permasalahan yang menjadi kajian adalah Bagaimana pencemaran limbah PT. Riau Andalan Pulp And Paper yang terjadi di sungai kelurahan kerinci Timur ditinjau berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun? dan Bagaimana dampak yang ditimbulkan oleh Pecemaran limbah PT. RAPP di sungai kelurahan Kerinci Timur terhadap masyarakat sekitar? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencemaran limbah PT. RAPP disungai Pangkalan Kerinci Timur ditinjau berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun dan untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan oleh pencemaran limbah PT. RAPP disungai Pangkalan Kerinci Timur terhadap masyarakat sekitar. Jenis penelitian hukum sosiologis (Yuridis Sosiologis), sifat penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur. Kemudian metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan kajian pustaka. Hasil penelitian pencemaran limbah PT.RAPP di sungai Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur ditinjau Berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup bahwa PT.RAPP dengan sengaja melakukan pembuangan limbah B3 langsung ke sungai tanpa pengolahan sesuai standarisasi dan juga mengabaikan amanah dari Pasal 99 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun. Dampak yang dimbulkan adalah masyarakat menjadi terkena penyakit karena menjadikan air sungai sebagai kebutuhan seharihari. Masyarakat terkena penyakit seperti penyakit kulit, diare,dan lain-lain. Kemudian juga sebagian masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan tidak dapat mencari ikan karena banyak ikan yang mati karena efek dari limbah B3.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 18 Dec 2019 08:07
Last Modified: 18 Dec 2019 08:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23524

Actions (login required)

View Item View Item