PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE SHARE (SSCS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELASVIII MTS DAREL HIKMAH PEKANBARU

ELVIRA IDAMAN, (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH SOLVE CREATE SHARE (SSCS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELASVIII MTS DAREL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012385.pdf

Download (780kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTs Darel Hikmah Pekanbaru dan untuk mengetahui besar pengaruh dari Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah terdapat pengaruh dari Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTs Darel Hikmah Pekanbaru dan berapa besar pengaruh dari Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa?” Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan design Posttest-only Design with Nonequivalent Group. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Darel Hikmah Pekanbaru yang berjumlah 255 orang, yang terdiri dari 8 kelas. Objek penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini mengunakan dokumentasi, lembar observasi, dan tes. Dalam penelitian ini pertemuan dilaksanakan selama enam kali pertemuan, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) dan satu kali pertemuan diadakan postes. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan rumus Tes-t untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Berdasarkan hasil analisis data, diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh dari Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, dan besar pengaruh dari Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa adalah 12.2%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 03 Feb 2016 02:28
Last Modified: 03 Feb 2016 02:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2352

Actions (login required)

View Item View Item