Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru

CICI NADIA, - (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
SKRIPSI CICI NADIA FUL.pdf

Download (9MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru tahun pelajaran 2019-2020. Jumlah populasi 89 siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Sampel yang diambil dengan memilih 2 kelas dari 3 kelas yaitu kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial 3 yang terdiri 27 siswa sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model Auditory Intellectually Repetition dan kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial 2 yang terdiri dari 27 siswa sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional, pengambilan sampel tersebut dilakukan dengan teknik puposive sampling dengan pertimbangan dari guru bahwa tidak ada perbedaan kemampuan yang signifikan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reabilitas. Hasil analisis uji-t dari skor angket aktivitas belajar siswa antara kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai thitung sebesar 2,888 > nilai ttabel sebesar 2,006 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara aktivitas belajar siswa kelas eksperimen menggunakan model Auditory Intellectually Repetition dengan aktivitas belajar siswa kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru. Kata Kunci : Model Auditory Intellectually Repetition, Aktivitas Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Dec 2019 06:38
Last Modified: 20 May 2024 04:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23517

Actions (login required)

View Item View Item