PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STRUKTURAL THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH KUOK KECAMATAN BANGKINANG BARAT KABUPATEN KAMPAR

ELVIZA, (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STRUKTURAL THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH KUOK KECAMATAN BANGKINANG BARAT KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012380.pdf

Download (860kB) | Preview

Abstract

Pemecahan masalah merupakan salah satu dari tujuan pembelajaran matematika. Karena rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika yang dimiliki siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kuok Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar, peneliti tertarik untuk meneliti pengaruh model pembelajaran kooperatif struktural Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kuok Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah Apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif struktural TPS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kuok Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar? dan Berapa besar pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif struktural TPS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kuok Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif struktural TPS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan seberapa besar pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif struktural TPS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kuok Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kuok dan sampel dalam penelitian ini, kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan melakukan dokumentasi, observasi dan tes. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif struktural TPS dan satu pertemuan lagi dilaksanakan posttest. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut peneliti menghitung sendiri datanya secara manual. Berdasarkan hasil data yang diperoleh, dianalisis menggunakan tes “t” dan dilanjutkan dengan Uji KP. Analisis data menunjukkan nilai thitung = 2,83 dan ttabel pada taraf signifikan 5% dan 1% sebesar 2,04 dan 2,75. Hal ini menunjukkan bahwa (2,04 < 2,83 > 2,75), yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif struktural TPS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kuok Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar pada materi garis dan sudut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 03 Feb 2016 02:20
Last Modified: 03 Feb 2016 02:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2350

Actions (login required)

View Item View Item