SUSILOWATI, - (2019) HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA AL-MUSLIMUN KECAMATAN BANDAR SEIKIJANG KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
GABUNGAN.pdf Download (13MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (546kB) |
Abstract
HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU-SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA AL-MUSLIMUN KECAMATAN BANDAR SEIKIJANG KABUPATEN PELALAWAN Oleh Susilowati Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Abstrak Belajar matematika adalah suatu proses belajar yang dibangun untuk mengembangkan kreativitas yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Oleh karena itu, matematika sebagai ilmu dasar harus dikuasai dan siswa mampu untuk mempertahankan prestasi belajar matematika yang telah didapatkan. Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah komunikasi interpersonal guru (Dian & Riani, 2017). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan komunikasi interpersonal guru-siswa dengan prestasi belajar matematika. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif korelasional. Sampel penelitian ini adalah siswa SMA Al-Muslimun kelas XI dan XII dengan jumlah 105 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan skala dan dokumentasi. Setelah dilakukan uji analisis data diperolah hasil sig. 0,027 (p≤0,05) dan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,053. Artinya terdapat hubungan antara komunikasi interpersonal guru-siswa dengan prestasi belajar matematika, sehingga hipotesis diterima. Kata kunci: komunikasi interpersonal, prestasi belajar matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | fpsi - |
Date Deposited: | 17 Dec 2019 08:02 |
Last Modified: | 17 Dec 2019 08:02 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23494 |
Actions (login required)
View Item |