Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PenerapanPeer Teaching Methods untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Teluk Pinang Kabupaten Indragiri Hilir

Nikmah Kurnia, - (2019) PenerapanPeer Teaching Methods untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Teluk Pinang Kabupaten Indragiri Hilir. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (951kB)
[img] Text
GABUNG.pdf

Download (23MB)

Abstract

ABSTRAK Nikmah Kurnia, (2019): PenerapanPeer Teaching Methods untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Teluk Pinang Kabupaten Indragiri Hilir Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Teluk Pinang Kabupaten Indragiri Hilir dengan penerapan peer teaching methods. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran, sebagiansiswa tidak berani mengajukan pertanyaan kepada guru, sebagian siswa tidak mencatat pelajaran yang diberikan, dan sebagian siswa juga tidak berani untuk mengeluarkan pendapat.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru dan 19 siswa Sekolah Dasar Negeri 004 Teluk Pinang Kabupaten Indragiri Hilir. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan peer teaching methods dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan peer teaching methodsdapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan hanya mencapai 49% atau tergolong kurang baik. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 65% atau tergolong cukup. Pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 82% atau tergolong baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan peer teaching methodsdapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 004 Teluk Pinang Kabupaten Indragiri Hilir. Kata Kunci: Peer Teaching Methods, Aktivitas Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Dec 2019 07:12
Last Modified: 18 Dec 2019 07:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23486

Actions (login required)

View Item View Item