Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 165 Pekanbaru.

Feni Putri Maliona, - (2019) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 165 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
1. COVER-digabungkan.pdf

Download (25MB)

Abstract

ABSTRAK Feni Putri Maliona, (2019): Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 165 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 165 Pekanbaru melalui model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dikarenakan masih banyak siswa yang belum tepat melaksanakan langkahlangkah dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru dan 35 orang siswa Sekolah Dasar Negeri 165 Pekanbaru. Sedangkan objek penelitian ini adalah model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes tertulis. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukan kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum tindakan 17,14%. Kemudian setelah menerapkan model pembelajaran problem based learning pada siklus I kemampuan pemecahan masalah siswa hanya mencapai 65,71%. Pada siklus II kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat menjadi 98,10%. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 165 Pekanbaru. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Dec 2019 03:02
Last Modified: 23 Dec 2019 03:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23483

Actions (login required)

View Item View Item