PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN SELATBARU BENGKALIS

Siti Marwati (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN SELATBARU BENGKALIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012363.pdf

Download (651kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII1 MTs Negeri Selatbaru Bengkalis setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada pokok bahasan Lingkaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII1 MTs Negeri Selatbaru dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada pokok bahasan lingkaran? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu pendidik berperan langsung dalam proses pembelajaran. Peneliti berkolaborasi dengan pendidik dalam mempersiapkan hal-hal yang berhubungan dengan proses pembelajaran mulai dari RPP, LKS, dan tahap refleksi proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 MTs Negeri Selatbaru Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 25 orang dan objek penelitian ini adalah peningkatan aktivitas belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning). Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas belajar. Dalam penelitian ini, pertemuan ada 4 kali yaitu satu kali pertemuan tanpa tindakan dan 3 pertemuan dengan tindakan. Data yang diperoleh melalui observasi merupakan data ordinal. Untuk mengetahui apakah ada peningkatan aktivitas belajar matematika siswa, maka data tersebut dianalisis dengan memperhatikan indikator aktivitas belajar siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan dengan menggunakan Teknik Persentase. Dari hasil tersebut, dapat diketahui apakah terjadi peningkatan aktivitas atau tidak dari setiap siklus yang dilaksanakan. Berdasarkan hasil analisis data observasi, pada pratindakan, siklus I, siklus II dan siklus III berturut-turut diperoleh (36% ; 63% ; 73%; 80.42%) siswa yang mencapai ≥80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII1 MTs Negeri Selatbaru terjadi pada proses pembelajaran siklus I, siklus II dan siklus III yaitu setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada pokok bahasan Lingkaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 02 Feb 2016 09:16
Last Modified: 02 Feb 2016 09:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2348

Actions (login required)

View Item View Item