PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DENGAN PENGGUNAAN MOLYMOD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI SMA N 1 TAPUNG KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Gia Mustika, (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING DENGAN PENGGUNAAN MOLYMOD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI SMA N 1 TAPUNG KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2012_2012361.pdf

Download (457kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada pokok bahasan hidrokarbon di SMA N 1 Tapung Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar melalui penerapan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dengan penggunaan molymod. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretest dan posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA N 1 Tapung tahun ajaran 2011/2012. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X2 (eksperimen) berjumlah 37 siswa dan kelas X3 (kontrol) berjumlah 34 siswa. Untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa setelah diadakan perlakuan, dilihat dari data selisih nilai pretest dan posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal, pretest dan posttest sebagai data akhir, serta dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan test-t. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 3,26 dan ttabel = 2,00 dan menunjukkan thitung > ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar, dengan persentase peningkatan sebesar 13%. Kata kunci : Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing, Molymod, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 02 Feb 2016 09:09
Last Modified: 02 Feb 2016 09:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2347

Actions (login required)

View Item View Item