Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru

Putri Angraeni, 11516202478 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV UPLOAD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
UPLOAD PUSTAKA UNIV.pdf

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK Putri Angraeni, (2019) : Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran problem based learning dengan metode pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berfikir kritis siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa, sedangkan objeknya adalah pengaruh antara penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 98 siswa dan sampel penelitian ini berjumlah 66 siswa yang dijadikan sebagai kelas eskperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji tes t. Berdasarkan hasil analisis uji t dari skor nilai siswa (posttest) pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan antara kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai thitung > ttabel atau 4,4137 > 1,699 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Kata kunci: Problem Based Learning dan Kemampuan Berfikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Dec 2019 03:06
Last Modified: 17 Dec 2019 03:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23445

Actions (login required)

View Item View Item