PROFITABILITAS MEMEDIASI PENGARUH STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR TEKSTIL DAN GARMEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)

MIRMANSYAH, 11471105871 (2019) PROFITABILITAS MEMEDIASI PENGARUH STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR TEKSTIL DAN GARMEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)

Abstract

ABSTRAK PROFITABILITAS MEMEDIASI PENGARUH STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR TEKSTIL DAN GARMEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA) OLEH: MIRMANSYAH 11471105871 Nilai perusahaan merupakan salah satu unsur penting yang harus dimaksimalkan oleh perusahaan, sebab nilai perusahaan yang bagus mengindikasikan prospek dan kinerja perusahaan juga bagus. Diantara faktor – faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan adalah struktur modal dan profitabilitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai mediatornya pada perusahaan sub sektor tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel pada penelitian ini sebanyak 8 perusahaan yang diambil menggunakan metode Purposive Sampling. Data penelitian merupakan data sekunder yang diperoleh dari Indonesia Capital Market Directory periode tahun 2014-2018. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur modal (DER) berpengaruh positif terhadap profitabilitas (ROE) dengan signifikansi 0,034 < 0,05. Struktur modal (DER) tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV) dengan signifikansi 0,057 > 0,05. Profitabilitas (ROE) berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan (PBV) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Untuk hasil pengujian mediasinya melalui analisis jalur dan uji sobel didapatkan angka t hitung sebesar 1,22820829 < t tabel = 1,96 yang artinya variabel intervening (profitabilitas) tidak mampu memediasi pengaruh variabel independen (strukutr modal) terhadap variabel dependen (nilai perusahaan). Kata Kunci : Nilai Perusahaan (Price to Book Value), Struktur Modal (Debt to Equity Ratio), Profitabilitas (Return On Equity)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Manajemen
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 16 Dec 2019 08:05
Last Modified: 16 Dec 2019 08:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23404

Actions (login required)

View Item View Item