PENGARUH KETELADANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KEPENUHAN KABUPATEN ROKAN HULU

Asmara, (2016) PENGARUH KETELADANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KEPENUHAN KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (263kB) | Preview

Abstract

Akhlak adalah perilaku sehari-hari yang dicerminkan dalam ucapan, sikap, dan perbuatan. Guru sudah bisa memberikan contoh yang baik terhadap siswanya, adapun yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam diantaranya setiap hari Jum’at itu diadakan acara kerohanian yaitu berupa penampilan ceramah agama dan lagu-lagu Islami, atau membaca yasin bersama oleh salah satu perwakilan dari kelas setiap hari Jum’at. Seorang guru yang mempunyai keteladanan atau kepribadian yang baik belum tentu siswanya mempunyai Akhlak yang baik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara Pengaruh keteladanan guru terhadap Akhlak Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu. Subjek penelitian ini adalah siswa sedangkan objek penelitian adalah pengaruh keteladanan guru Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan akhlak yang baik terhadap siswa. Sampel ditarik sebesar 15% dengan jumlah 43 orang. Penarikan sampel dilakukan melalui teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan melalui teknik angket, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis secara kuantitatif dengan teknik regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa nilai t hitung sebesar 4,655 sedangkan nilai r tabel untuk pada α = 0,05 adalah 1,684 dan pada α = 0,01 adalah 2,423. Ini berarti r hitung lebih besar dari r tabel yang dapat digambarkan sebagai berikut 1,684 <4,655> 2.423. Oleh karena itu hipotesa alternatif (Ha) diterima dan hipotesa nihil (H0) ditolak. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan keteladanan guru PAI terhadap Akhlak siswa di SMA satu kecamatan Kepenuhan kabupaten Rokan Hulu. Besar pengaruh keteladanan guru PAI terhadap akhlak siswa adalah sebesar 34,6%) sedangkan sisanya sebesar 65,4% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Feb 2016 07:18
Last Modified: 02 Feb 2016 07:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2339

Actions (login required)

View Item View Item