Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Studi Analisis Terhadap Konsep Poligami Menurut Muhammad Abduh

EDI SUHENDRA, 11521101076 (2019) Studi Analisis Terhadap Konsep Poligami Menurut Muhammad Abduh. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)

Abstract

ABSTRAK Edi Suhendra, (2019): Studi Analisis Terhadap Konsep Poligami Menurut Muhammad Abduh Berbicara mengenai poligami bukanlah sebuah perkara baru. Disamping Arab jahiliyah, negeri-negeri non-arab juga melakukan poligami. Bahkan mereka memiliki ratusan isteri. Dengan diutusnya Nabi Muhammad maka poligami di dalam Islam hanya dibolehkan menikahi empat orang perempuan dalam satu masa. Adapun Nabi Muhammad menikahi lebih dari empat orang merupakan kekhususan bagi Nabi Muhammad Saw. Pada masa era modern ini ada pemikiran-pemikiran yang mengharamkan poligami. Yaitu tokoh pembaharuan yang bernama Muhammad Abduh. Ia berpendapat bahwa pada masa sekarang ini poligami itu diharamkan. Begitu juga poligami hanya boleh dilakukan pada saat kondisi darurat saja. Pemikiran Muhammad Abduh ini tidak bersesuaian dengan pendapat para jumhur ulama. Oleh sebab itu penulis merasa perlu dilakukannya penelitian yang mengkaji pendapat Muahamma Abduh secara mendalam dan analisis hukum Islam terhadapnya. Dalam melakukan pengkajian ini penulis menggunakan metode penelitian kepustakaan (library reseach) dengan metode analisis deduktif induktif. Adapun data yang dianalisa adalah data primer berupa kitab Tafsir Al-Quran Al-hakim karya Muhammad Abduh dan buku serta sumber kepustakaan lain yang berkaitan sebagai data sekunder. Setelah melakukan penelitian penulis memperoleh kesimpulan mengenai pendapat Muhamamd Abduh jumlah wanita maksimal yang boleh dipoligami dan konsep keadilan poligami telah sejalan dengan konsep yang terdapat dalam surat An-Nisa ayat 3 dan ayat 129 dan pendapat menurut jumhur ulama. Adapun pendapat Muhammad Abduh yang mengharamkan poligami pada zaman ini bertentangan dengan konsep kehalalan poligami dalam surat An-Nisa ayat 3 dan pendapat jumhur ulama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 16 Dec 2019 04:17
Last Modified: 16 Dec 2019 04:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23389

Actions (login required)

View Item View Item