ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN DI MADRASAH ALIYAH MASMUR PEKANBARU

WELLYA FITRAH, - (2019) ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN DI MADRASAH ALIYAH MASMUR PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
FULL SKRIPSI PDF.pdf

Download (10MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Wellya Fitrah, (2019): Analisis Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di Madrasah Aliyah Masmur Pekanbaru Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ditemukannya permasalahan yaitu terdapat beberapa siswa yang belum bisa meningkatkan penguasaan tingkat akademiknya dikarenakan siswa yang kurang berpartisipasi berpikir dalam memecahkan masalah pembelajaran kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran NHT pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di MA Masmur Pekanbaru. Subyek dalam penelitian ini adalah guru Prakarya dan Kewirausahaan dan siswa kelas XI IPS, sedangkan objek pada penelitian ini adalah analisis penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di MA Masmur Pekanbaru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran NHT di MA Masmur Pekanbaru dapat dikategorikan “baik” yaitu dengan persentase 77.5% untuk aktivitas guru dan 76.25% untuk aktivitas siswa dalam rentang nilai 61%-80%. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran NHT pada fokus penelitian siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor, guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya, kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya atau mengetahui jawabannya, guru memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerja sama mereka, teman dari kelompok yang lain diminta menanggapi, kemudian guru menunjuk nomor yang lain, dan guru memberikan kesimpulan dikategorikan baik. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe, Numbered Head Together (NHT)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Dec 2019 02:51
Last Modified: 14 Dec 2019 02:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23379

Actions (login required)

View Item View Item