PENERAPAN METODE BEACH BALL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 005 TANAH PUTIH ROKAN HILIR

Afriyanti, (2016) PENERAPAN METODE BEACH BALL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 005 TANAH PUTIH ROKAN HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (258kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial melalui penerapan metode beach ball di kelas V sekolah dasar negeri 005 tanah putih rokan hilir, yang dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa seperti siswa kurang bersemangat dalam belajar, cenderung banyak diam dan tidak menunjukkan partisipasi yang aktif, kurang mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru, dan kurang mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V sekolah dasar negeri 005 tanah putih rokan hilir. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah metode beach ball. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, Setiap siklus 2 kali pertemuan. Pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode beach ball di kelas V sekolah dasar negeri 005 tanah putih rokan hilir dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan sebelum tindakan motivasi belajar siswa hanya mencapai rata-rata persentase 27,17% yang terletak pada klasifikasi rendah. Pada siklus I pertemuan pertama motivasi belajar siswa hanya mencapai rata-rata persentase 29,34% yang terletak pada klasifikasi rendah. Pada siklus I pertemuan kedua motivasi belajar siswa hanya mencapai rata-rata persentase 33,69% yang terletak pada klasifikasi rendah. Pada siklus II pertemuan pertama motivasi belajar siswa mencapai rata-rata persentase 58,69% yang terletak pada klasifikasi tinggi. Pada siklus II pertemuan kedua motivasi belajar siswa mencapai rata-rata persentase 80,97% yang terletak pada klasifikasi sangat tinggi. Keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial dengan metode beach ball dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 02 Feb 2016 04:49
Last Modified: 02 Feb 2016 04:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2335

Actions (login required)

View Item View Item