Analisis Semiotika Wanita Berhijab Dalam Iklan Shampo Sunsilk Hijab Recharge Refresh And Anti Dandruff Versi Laudya Cynthia Bella

Indah Nurmala Sari, 11543201878 (2019) Analisis Semiotika Wanita Berhijab Dalam Iklan Shampo Sunsilk Hijab Recharge Refresh And Anti Dandruff Versi Laudya Cynthia Bella. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V BARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Indah Nurmala Sari Jurusan : Ilmu Komunikasi Nim : 11543201878 Judul : Analisis Semiotika Wanita Berhijab Dalam Iklan Shampo Sunsilk Hijab Recharge Refresh And Anti Dandruff Versi Laudya Cynthia Bella Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis semiotika wanita berhijab dalam iklan shampo Sunsilk Hijab Recharge Refresh And Anti Dandruff. Teori yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah teori analisis semiotika menurut Charles Sanders Pierce yang memiliki tiga elemen utama yakni : ikon, indeks, dan simbol. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah analisis semiotika model Charles Sanders Pierce. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah dokumentasi dengan cara meng-screenshoot setiap scene yang ada. Hasil dari penelitian ini adalah iklan shampo Sunsilk Hijab Recharge Refresh and Anti Dandruff ini merupakan iklan komersial biasa, dimana di dalam iklan digambarkan bahwa citra diri wanita berhijab ditampilkan dengan penuh percaya diri dan selalu merasakan kesegaran dan keharuman sepanjang hari, namun itu semua ia dapatkan karena sebelum melakukan aktifitas ia telah menggunakan rangkaian produk shampo Sunsilk Hijab Recharge Refresh and Anti Dandruff. Disini pengiklan atau produsen hanya menginginkan keuntungan dari iklan tersebut, maka penggunaan Laudya Cynthia Bella sebagai wanita berhijab menjadi bintang iklannya hanya untuk memperkenalkan varian terbaru dari produk shampo. Serta penggunaan wanita berhijab ditampilkan hanya untuk menarik perhatian konsumen, dimana tren hijab pada saat sekarang ini sudah mulai berkembang sehingga produsen tertarik untuk menciptakan produk shampo terbaru dengan menggunakan wanita berhijab sebagai bintang iklannya, hal ini tentu saja menarik perhatian konsumen terutama konsumen wanita yang telah menggunakan hijab sebelumnya. Kata Kunci: Analisis Semiotika, Charles Sanders Pierce, Wanita Berhijab, Iklan Shampo Sunsilk

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 13 Dec 2019 07:43
Last Modified: 13 Dec 2019 07:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23339

Actions (login required)

View Item View Item