ANALISIS USABILITY PADA SISTEM INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH RIAU MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE (SUS)

Widad Ulfika Sari, - (2019) ANALISIS USABILITY PADA SISTEM INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH RIAU MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE (SUS). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
PDF WIDAD (TANPA BAB IV).pdf

Download (12MB)
[img] Text (BAB IV)
PDF WIDAD (HASIL PENELITIAN).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Sistem informasi akademik merupakan media yang dapat membantu proses berjalannya kegiatan akademik. Kelancaran proses akademik dipengaruhi oleh kualitas sistem informasi yang dimiliki. Sistem dapat dikatakan memiliki tingkat usability yang tinggi apabila pengguna bisa memperoleh apa yang mereka butuhkan dan mengerti dengan sistem tersebut. Universitas Muhammadiyah Riau menerapkan sistem informasi untuk membantu proses akademiknya yaitu SIAM. Saat ini, terdapat beberapa kendala dalam mengakses sistem tersebut. Kendala tersebut berasal dari beberapa kekurangan yang dimiliki oleh sistem tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan pada SIAM, mengetahui tingkat usability nya, dan memberikan rekomendasi perbaikan SIAM. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Hasil yang diperoleh adalah SIAM memiliki skor SUS sebesar 72,27 yang berarti bahwa SIAM sudah acceptable, memiliki skala nilai C+ dan memiliki rating good atau baik serta nilai percentile rank berada pada nilai 63,34. Pada identifikasi masalah diketahui bahwa fungsi dan fitur pada SIAM dinilai masih belum dirancang dengan baik dan memiliki banyak inkonsistensi. Oleh karena itu diberikan beberapa rekomendasi perbaikan yang diharapkan dapat dijadikan sebagai rujukan bagi tim pengembang sistem dalam melakukan perbaikan usability sistem sehingga SIAM memiliki tingkat usability yang tinggi dan dapat mencapai kepuasan pengguna. Kata kunci: SIAM; sistem informasi; system usability scale; usability

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 12 Dec 2019 07:52
Last Modified: 12 Dec 2019 07:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23330

Actions (login required)

View Item View Item