Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 021 PENGALEHAN KERITANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Yusmaini (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 021 PENGALEHAN KERITANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011658.pdf

Download (548kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: 1) Sebagian murid tidak dapat menjawab pertanyaan dalam proses pembelajaran. 2) hanya sebagian kecil siswa yang dapat mengerjakan tugas tepat pada waktunya. 3) hasil belajar murid masih mencapai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan, yaitu dengan rata-rata lebih dari 50% dari jumlah murid 20 orang. Sedangkan KKM yang telah ditetapkan di SDN 021 Pengalehan Keritang INHIL adalah 70. Berdasarkan latar belakang masalah, maka dapat dirumuskan masalah penelitian ini yaitu Bagaimanakah pelaksanaan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V Sekolah dasar Negeri 021 Pengalehan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir?. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2010-2011. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 021 Pengalehan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir. Kemudian tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas V SDN 021 Pengalehan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir. Pada sebelum dilakukan tindakan hasil belajar siswa tergolong kurang dengan rata-rata 49,0%, terjadi peningkatan pada siklus I dengan rata-rata 60,5%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan rata-rata 71,3% dengan kategori baik, hal ini membuktikan bahwa dengan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN 021 Pengalehan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir. Berdasarkan hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus II, dapat diketahui hasil belajar siswa telah mencapai kriteria keberhasilan, yaitu 65%. Untuk itu, tindakan yang peneliti lakukan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SDN 021 Pengalehan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir hanya pada siklus II, karena sudah jelas hasil belajar siswa yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 07:44
Last Modified: 01 Feb 2016 07:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2333

Actions (login required)

View Item View Item