PENINGKATAN AKTIVITAS MURID DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA MATERI PUASA RAMADHAN MELALUI METODE BOWLING KAMPUS DI KELAS V SDN 023 KUALA NENAS KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Rosminah, (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS MURID DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA MATERI PUASA RAMADHAN MELALUI METODE BOWLING KAMPUS DI KELAS V SDN 023 KUALA NENAS KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011657.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Aktivitas murid dalam mengikuti pembelajaran pendidikan agama merupakan bagian pendidikan yang amat penting yang berkenaan dengan aspek pengetahuan, sikap dan nilai. Dalam pendidikan agama diajarkan bagaimana beribadah ramadhan, sehingga menjadi ibroh atau pelajaran serta hikmah yang bagi murid dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu guru perlu memiliki metode pembelajaran agar murid aktif dalam belajar. Pada dasarnya banyak metode yang bisa dipilih dan digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas belajar murid, diantaranya adalah melalui Metode Bowling kampus. Metode Bowling kampus merupakan alternatif dalam peninjauan ulang materi, metode ini memungkinkan guru untuk mengevaluasi sejauhmana murid telah menguasai materi dan bertugas menguatkan, menjelaskan, dan mengikhtisarkan poin-poin utamanya Sehubungan dengan hal tersebut, penulis menelitinya dengan judul: Peningkatan Aktivitas Murid Dalam Pembelajaran Ibadah Ramadhan Melalui Metode Bowling Kampus Di Kelas V SDN 023 Kuala Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan aktivitas murid dalam pembelajaran ibadah ramadhan di kelas V SDN 023 Kuala Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar melalui metode bowling kampus Rancangan penelitian ini dilakukan melalui Prosedur penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah bagaimana sekelompok guru dapat mengorganisasikan kondisi praktek pembelajaran mereka, dan belajar dari pengalaman mereka sendiri. Mereka dapat mencobakan suatu gagasan perbaikan dalam praktek pembelajaran mereka, dan melihat pengaruh nyata dari upaya itu. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas Murid dalam Pembelajaran Ibadah Ramadhan sebelum menggunakan Metode Bowling Kampus (sebelum tindakan) di Kelas V SDN 023 Kuala Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, masih kurang. Pelaksanaan metode ceramah dan tanya jawab dalam Pembelajaran Ibadah Ramadhan sebelum menggunakan Metode Bowling Kampus di Kelas V SDN 023 Kuala Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, juga belum maksimal. Aktivitas Murid dalam Pembelajaran Ibadah Ramadhan dengan menggunakan Metode Bowling Kampus di Kelas V SDN 023 Kuala Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, adalah baik. Pelaksanaan metode bowling kampus dalam Pembelajaran Ibadah Ramadhan di Kelas V SDN 023 Kuala Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, pada siklus I (36%), dan siklus II (86%) telah maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 07:43
Last Modified: 01 Feb 2016 07:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2332

Actions (login required)

View Item View Item