PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF CONFIDENCE SISWA MADRASAH ALIYAH KAMPAR

Nur Fadillah, - (2019) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF CONFIDENCE SISWA MADRASAH ALIYAH KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
TUGAS AKHIR-NUR FADILLAH (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (SEMUA BAB (exc BAB IV))
UPLOAD PUSTAK UNIV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (26MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan pendekatan Open-Ended dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, dan juga bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara penerapan pendekatan dalam pembelajaran dengan Self Confidence terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Factorial Eksperimental dengan desain The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester ganjil MAS Anshor Al-Sunnah tahun ajaran 2019/2020. Sampel diambil secara cluster random sampling adalah kelas X B1 dan X B2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket dan observasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal postest kemampuan komunikasi matematis, angket Self Confidence dan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran pendekatan Open-Ended dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional; 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang memiliki Self Confidence tinggi, sedang, dan rendah; 3) Tidak terdapat interaksi antara penerapan pendekatan dalam pembelajaran dengan Self Confidence terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: Pendekatan Open-Ended, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self Confidence.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Dec 2019 06:22
Last Modified: 12 Dec 2019 06:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23318

Actions (login required)

View Item View Item