Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Kemampuan Awal di SMP Kemala Bhayangkari 1 Pekanbaru

Winda Sari, 11315201820 (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Kemampuan Awal di SMP Kemala Bhayangkari 1 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUTLAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (839kB)
[img] Text
SKRIPSI WINDA SARI.pdf

Download (22MB)

Abstract

ABSTRAK Winda Sari, (2018) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Kemampuan Awal di SMP Kemala Bhayangkari 1 Pekanbaru Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematika siswa dan belum dilaksanakannya model Means-Ends Analisis (MEA) di SMP Kemala Bhayangkari 1 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuaan komunikasi matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran MEA dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung yang ditinjau dari kemampuan awal siswa. Yang mana menyelidiki dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 dan kelas VIII.3 SMP Kemala Bhayangkari 1 Pekanbaru.. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t dan anova dua arah (two way ANOVA). Instrumen yang digunakan adalah tes uraian untuk mengukur kemampuan komunikasi matematika siswa dan mengukur kemampuan awal siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa; (1) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika antara siswa menggunakan model pembelajaran MEA dengan siswa menggunakan model pembelajaran langsung, (2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika antara siswa yang kemampuan awal siswa tinggi, sedang dan rendah, dan (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan komunikasi siswa. Dengan demikian secara model pembelajaran MEA berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematika yang ditinjau dari kemampuan awal siswa SMP Kemala Bhayangkari 1 Pekanbaru. Kata Kunci: Means-Ends Analysis, Kemampuan komunikasi Matematis, Kemampuan Awal Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Dec 2019 05:10
Last Modified: 12 Dec 2019 05:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23314

Actions (login required)

View Item View Item