Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa berdasarkan Self-Efficacy Siswa Sekolah Menengah Pertama di Dumai.

Selvi Diana, - (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa berdasarkan Self-Efficacy Siswa Sekolah Menengah Pertama di Dumai. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUTLAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (886kB)
[img] Text
SKRIPSI SELVI DIANA.pdf

Download (26MB)

Abstract

ABSTRAK Selvi Diana, (2019): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa berdasarkan Self-Efficacy Siswa Sekolah Menengah Pertama di Dumai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran yang diterapkan oleh guru berdasarkan self-efficacy siswa tinggi, sedang, dan rendah pada siswa kelas VII SMP Budi Dharma Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian faktorial Eksperimental dengan desain penelitian The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Budi Dharma Dumai. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik Cluster random Sampling, terpilih kelas VII 1 sebagai kelas eksperimen yang diberikan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), dan kelas VII 2 sebagai kelas kontrol yang diberikan model pembelajaran konvensional. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji anova dua arah (two way anova). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Tes yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu pretest dan posttest yang dilakukan untuk tes kemampuan pemecahan masalah matematis, dan angket yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket self-efficacy. Berdasarkan hasil analisis data ditentukan bahwa: 1)Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki self-efficacy tinggi, sedang, dan rendah 3) Tidak terdapat interaksi model pembelajaran dan self-efficacy siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. . Kata kunci: Contextual Teaching and Learning(CTL), Pemecahan Masalah Matematis, self-efficacy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Dec 2019 06:35
Last Modified: 12 Dec 2019 06:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23313

Actions (login required)

View Item View Item