Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN IKAN SALAI PATIN MENGGUNAKAN METODE AHP DAN SWOT (Studi Kasus: Kelompok Pengolah Putra Agung)

FADHILLAH DINATUL HUSNA, - (2019) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN IKAN SALAI PATIN MENGGUNAKAN METODE AHP DAN SWOT (Studi Kasus: Kelompok Pengolah Putra Agung). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
File lengkap (Kecuali Bab IV).pdf

Download (10MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kelompok Putra Agung dalam menjalankan bisnisnya mengalami beberapa permasalahan yaitu belum melakukan kegiatan promosi, melemahnya jumlah permintaan, serta kualitas produk yang dihasilkan kurang bagus. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bobot dari setiap faktor yang dipertimbangkan, untuk mengetahui posisi perusahaan, dan memberikan usulan strategi pemasaran yang dapat dilakukan perusahaan. Melihat permasalahan yang terjadi, maka perlu dilakukan strategi pemasaran dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Proses (AHP) dan Strenght, Weakness, Opportunity, Threat (SWOT). Berdasarkan pembobotan 7P menggunakan metode AHP didapatkan bobot product sebesar 12,44%, promotion sebesar 17,90%, price sebesar 9,93%, place sebesar 15,82%, people sebesar 15,63%, process sebesar 13,45%, dan physical evidence sebesar 14,83%. Pada matriks SWOT diketahui perusahaan berada pada kuadran-III yaitu pertemuan antara IFAS pada titik -0,05 dan EFAS pada titik 0,51. Maksudnya, perusahaan memiliki peluang besar yaitu permintaan pasar yang tinggi, namun masih memiliki kendala yaitu masih menggunakan peralatan produksi yang sederhana. Alternatif strategi yang dapat dilakukan yaitu menjamin kualitas produk, menambah fasilitas-fasilitas produksi, meningkatkan pendistribusian produk, serta memanfaatkan media cetak dan sosial untuk kegiatan promosi. Kata Kunci: AHP, SWOT, 7P

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 12 Dec 2019 07:08
Last Modified: 12 Dec 2019 07:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23302

Actions (login required)

View Item View Item