KORELASI PEMBERIAN TUGAS DENGAN MINAT BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL ISLAM RUMBIO KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Yanti sari, (2011) KORELASI PEMBERIAN TUGAS DENGAN MINAT BELAJAR SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL ISLAM RUMBIO KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011603.pdf

Download (540kB) | Preview

Abstract

Dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah, kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan yang paling pokok dan asas yang terpenting dalam belajar untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Ada berbagai macam aspek yang mempengaruhi proses belajarnya, di antaranya adalah aspek psikologi. Aspek yang dimaksud adalah minat siswa terhadap pelajaran. Ada beberapa cara yang dilakukan guru untuk menarik minat siswa, di antaranya adalah dengan cara pemberian tugas. Tugas yang diberikan itu bisa berbentuk pekerjaan rumah (PR), mengerjakan Lembar Kerja Siswa (LKS), dan dengan memberikan suatu perintah untuk didiskusikan oleh siswa baik secara tertulis maupun lisan. Di MTs Al Islam Rumbio cara tersebut telah diterapkan, namun apa yang diharapkan belum memperoleh hasil yang maksimal. Berdasarkan hal itu, penulis telah meneliti tentang “Korelasi Pemberian Tugas Dengan Minat Belajar Siswa di MTs Al Islam Rumbio Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar”. Adapun tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada korelasi yang signifikan antara pemberian tugas dengan minat belajar siswa MTs Al Islam Rumbio. Penelitian ini dilakukan di MTs Al Islam Rumbio dengan jumlah populasi 93 orang. Karena populasi sedikit maka penulis tidak mengambil sampel dalam penelitian ini. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MTs Al Islam Rumbio dan objeknya adalah korelasi pemberian tugas dengan minat belajar siswa MTs Al Islam Rumbio. Dalam menjawab permasalahan dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik dokumentasi dan angket untuk mendapatkan data-data dari lapangan. Setelah data terkumpul, data dianalisis secara statistik dengan rumus korelasi koefisiensi kontingensi. Hasil dari data yang telah dianalisis membuktikan bahwa pelaksanaan pemberian tugas dapat dikatakan baik karena diperoleh persentase sebesar 78 %, dan minat siswa dapat dikatakan sedang karena diperoleh angka persentase sebesar 70,3 %. Sedangkan korelasinya diperoleh angka sebesar 0,316, setelah dikonsultasikan dengan “r” tabel ternyata lebih besar daripada “r” tabel baik pada taraf signifikan 5 % = 0,217 maupun pada taraf signifikan 1 % = 0,283. Dengan demikian berarti ada korelasi positif antara pemberian tugas dengan minat belajar siswa MTs Al Islam Rumbio.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 07:32
Last Modified: 01 Feb 2016 07:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2328

Actions (login required)

View Item View Item