Penerapan Strategi Tebak Kata untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Pembelajaran Tema I Membangun Indahnya Kebersamaan di kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru

Umi Kalsum, - (2019) Penerapan Strategi Tebak Kata untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Pembelajaran Tema I Membangun Indahnya Kebersamaan di kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
BAB IV PEMBAHASAN.pdf

Download (934kB)
[img] Text (BAB IV)
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Umi Kalsum, (2019): Penerapan Strategi Tebak Kata untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Pembelajaran Tema I Membangun Indahnya Kebersamaan di kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan penerapan strategi tebak kata untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran tema I membangun indahnya kebersamaan di kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa diantaranya adanya siswa yang kurang tepat dalam berekspresi dalam menyampaikan pendapatnya, siswa yang kurang mampu menyampaikan pendapat dengan kejelasan dalam berintonasi, siswa yang kurang tepat dalam berekspresi menyampaikan pendapatnya, siswa yang kurang mampu menyampaikan pendapat dengan ketepatan struktur kalimat yang dipakai, siswa yang kurang mampu menyampaikan pendapat dengan ketepatan pilihan kata yang digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 35 orang siswa. penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes lisan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan strategi tebak kata dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan keterampilan berbicara siswa diperoleh dengan persentase sebesar 51,07% atau berada pada kategori Kurang Tinggi. Setelah menerapkan strategi tebak kata pada siklus I keterampilan berbicara siswa mencapai 62,79% dengan kategori Cukup Tinggi. Pada siklus II keterampilan berbicara siswa menjadi meningkat mencapai 83,68% dengan kategori Tinggi, artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan penerapan strategi tebak kata dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa di kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru. Kata Kunci : Tebak Kata, Keterampilan Berbicara Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 11 Dec 2019 08:12
Last Modified: 11 Dec 2019 08:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23275

Actions (login required)

View Item View Item