Ade Firman (2011) STRATEGI GURU MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN MENYENANGKAN PADA MATA PELAJARAN QUR’AN-HADITS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
|
Text
2011_2011602.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran merupakan proses membelajarkan siswa atau bagaimana membuat siswa dapat belajar dengan mudah dan didorong oleh kemauannya sendiri untuk mempelajari apa yang teraktualisasikan dalam kurikulum sebagai kebutuhan peserta didik. Pembelajaran harus dibuat mudah dan menyenangkan, karena semangat belajar muncul ketika suasana begitu menyenangkan dan belajar akan efektif bila seseorang dalam keadaan gembira dalam belajar. Penulis melihat pembelajaran Qur’an-Hadits di MAN 1 Pekanbaru menyenangkan. Lalu, bagaimana strategi guru sehingga pembelajaran itu menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan pada mata pelajaran Qur’an Hadits di MAN 1 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru Qur’an Hadits yang berjumlah empat orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah strategi guru dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan pada mata pelajaran Qur’an-Hadits. Data dikumpulkan dengan observasi dan wawancara. Teknik analisis data, yaitu deskriptif kualitatif dengan persentase. Dengan rumus: F P = x 100% N Adapun standar yang digunakan untuk menentukan tingkat strategi guru adalah: 1. 76% - 100% Tergolong baik 2. 56% - 75% Tergolong cukup baik 3. 40% - 55% Tergolong kurang baik 4. 0% - 39% Tergolong tidak baik Kemudian hasil analisis data menunjukkan bahwa strategi guru tergolong baik, karena indikator yang dilaksanakan guru mencapai angka 80% (240) berada pada rentang nilai antara 76% - 100%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 01 Feb 2016 07:31 |
Last Modified: | 01 Feb 2016 07:31 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2327 |
Actions (login required)
View Item |