Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Manajemen Produksi Tahu Tempe dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah.

Sari Ramadhani Dongoran, - (2019) Manajemen Produksi Tahu Tempe dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV hasil penelitian.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] Text
GABUNG.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Sari Ramadhani Dongoran, (2019): Manajemen Produksi Tahu Tempe dalam Meningkatkan Pendapatan Usaha Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah. Salah satu usaha kecil yang potensial dikembangkan adalah industri tahu tempe. Jika usaha ini dijalankan dengan keseriusan pasti akan menguntungkan karena konsumen tahu dan tempe sangat luas, mencakup semua strata sosial. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya usaha masyarakat untuk meningkatkan pendapatan usaha kemudian pengusaha tahu tempe menggunakan kedelai impor yang mana harga kedelai impor lebih mahal dibandingkan harga kedelai lokal. Hal ini membuat para pengusaha menambah modal untuk membeli kacang kedelai impor. Adapun tujuan penelitian adalah mengetahui manajemen produksi tahu tempe dalam meningkatkan pendapatan usaha, mengetahui faktor pendukung dan penghambat usaha tahu tempe dalam meningkatkan pendapatan usaha, serta mengetahui pandangan ekonomi syariah terhadap manajemen produksi tahu tempe di Kecamatan Kampar Kiri Tengah. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar. Subjek penelitian ini adalah pengusaha dan karyawan tahu tempe di Kecamatan Kampar Kiri Tengah, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah manajemen produksi tahu tempe dalam meningkatkan pendapatan usaha. Adapun yang menjadi populasi dipenelitian ini adalah seluruh pengusaha tahu tempe sebanyak 11 pengusaha. Karena populasi sedikit maka semuanya dijadikan sampel dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan studi kepustakaan, sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yaitu mengumpulkan data, kemudian menyusun, menjelaskan dan menganalisanya. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa usaha tahu tempe di Kecamatan Kampar Kiri Tengah telah melakukan manajemen produksi dengan baik, seperti perencanaan produk, pengendalian produksi dan menyusun struktur organisasi. Dari kendala yang dihadapi yaitu ketersedian bahan baku kadang-kadang terbatas dan rusaknya mesin-mesin produksi secara tiba-tiba dan tidak bisadikendalikan. Sedangkan tinjauan ekonomi syariah penggelolaan usaha tahu tempe di Kecamatan Kampar Kiri Tengah telah sesuai dengan salah satu prinsip produksi dalam Islam, yaitu berproduksi dalam lingkaran halal yang dilakukan dengan cara yang baik dan tidak melanggar syara’, karena dari segi produksi menggunakan bahan baku yang diambil dari kekayaan alam dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat serta tidak membahayakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 11 Dec 2019 07:54
Last Modified: 11 Dec 2019 07:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23266

Actions (login required)

View Item View Item