Analisis Terhadap Perbuatan Melawan Hukum Yang Dilakukan Notaris Karena Merubah Akta Perjanjian Berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2014 Tentang Notaris.

Adi Saputra, - (2019) Analisis Terhadap Perbuatan Melawan Hukum Yang Dilakukan Notaris Karena Merubah Akta Perjanjian Berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2014 Tentang Notaris. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUTLAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
GABUNGAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Adi Saputra (2019) : Analisis Terhadap Perbuatan Melawan Hukum Yang Dilakukan Notaris Karena Merubah Akta Perjanjian Berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2014 Tentang Notaris. Suatu perjanjian yang dirubah oleh notaris tanpa adanya kesepakatan antara pihak Penggugat dengan Tergugat dan perbuatan ini dilakukan tanpa diketahui oleh pihak Penggugat. Pihak Tergugat dan Notaris melakukan perubahan akta dan merugikan kepentingan Penggugat. Berdasarkan Pasal 48 Undang-undang Nomor 2 Tahun 2014 tentang Notaris menyatakan, “isi akta dilarang dirubah dengan diganti, ditambah, dicoet, disisipkan, dihapus dan/atau ditulis tindih, dan pasal 1365 KUHPerdata harus menanggung beban atas semua kerugian yang timbul akibat perbuatan hukum yang dilakukannya. Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah yang akan dijawab dalam penelitian skripsi ini tentang Perbuatan Melawan Hukum Yang Dilakukan Notaris Karena Merubah Akta Perjanjian Berdasarkan Undang-undang Nomor 2 Tahun 2014 Tentang Notaris dan Sanksi Hukum Terhadap Perbuatan Melawan Hukum Yang Dilakukan Notaris Karena Merubah Akta Perjanjian Berdasarkan Undang-undang Nomor 2 Tahun 2014 Tentang Notaris. Dalam penulisan skripsi ini menggunakan metode penelitian hukum normatif yaitu Penelitian untuk mengkaji dan mendalami serta mencari jawaban tentang apa yang seharusnya dari setiap permasalahan yang diteliti yang terdiri dari 3 (tiga) bahan hukum primer, sekunder dan tersier dan bersifat deskriptif yaitu penelitian yang menjelaskan dalam bentuk kalimat yang jelas dan rinci. Perbuatan Melawan Hukum Yang Dilakukan Notaris Karena Merubah Akta Perjanjian Berdasarkan Undang-undang Nomor 2 Tahun 2014 Tentang Notaris adalah perbuatan merubah minuta akta notaris Nomor 149 yang berisikan perjanjian kerjasama antara penggugat dan para turut tergugat yang dibuktikan dengan putusan Mahakamah Agung RI Nomor 1003/K/PID/2015 dan dari putusan Mahakamah Agung tersebut diketahui bahwa Notaris Neni Sanitra telah melakukan perubahan akta sepihak tanpa dihadiri oleh Penggugat, dan akibat dari perubahan akta tersebut penggugat mengalami kerugian.Sanksi hukum Terhadap Perbuatan Melawan Hukum Yang Dilakukan Notaris Karena Merubah Akta Perjanjian Berdasarkan Undang-undang Nomor 2 Tahun 2014 Tentang Notaris adalah telah terjadi perbuatan merubah akta yang dilakukan oleh Notaris dan perbuatan tersebut jelas sudah melanggar hukum dan dikenakan sanksi berupa hukuman penjara dan pencabutan izin Notaris. Kata kunci : Perbuatan Melawan Hukum-Notaris-Merubah Akta Perjanjian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 11 Dec 2019 07:02
Last Modified: 11 Dec 2019 07:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23254

Actions (login required)

View Item View Item