Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Studi Kompratif Terhadap Putusan Hakim Mahkamah Syariah Negeri Kelantan dan Terengganu Mengenai Makan di Tempat Umum Pada Siang Ramadhan

Syiffaq Ayumey Binti Ismail, - (2019) Studi Kompratif Terhadap Putusan Hakim Mahkamah Syariah Negeri Kelantan dan Terengganu Mengenai Makan di Tempat Umum Pada Siang Ramadhan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUTLAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV BARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)

Abstract

ABSTRAK Syiffaq Ayumey Binti Ismail : Studi Kompratif Terhadap Putusan Hakim Mahkamah Syariah Negeri Kelantan dan Terengganu Mengenai Makan di Tempat Umum Pada Siang Ramadhan Penelitian ini studi kompratif terhadap putusan hakim mahkamah syariah negeri kelantan dan terengganu mengenai makan di tempat umum pada siang ramadhan. Dari segi istilah puasa adalah menahan diri pada siang hari dari hal-hal yang membatalkan puasa. hari ini dengan mudahnya kita melihat umat islam mempersendakan kewajipan berpuasa ini. Ramai yang mengaku islam tetapi makan dan minum secara terbuka dan terang-terangan dibulan ramadhan tanpa rasa malu dan takut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbuatan tidak baik ini adalah satu kesalahan dan bersalah di bawah Enakmen Jenayah Syariah Malaysia. Perbuatan ini juga adalah dilarang dalam islam dan undang-undang Jenayah Syariah Malaysia. Perbuatan ini merangkum di dalam hukum takzir. Menurut Enakmen Jenayah Syariah Negeri Kelantan tahun 1985 di dalam seksyen 26 dan Enakmen Jenayah Syariah (Takzir) Negeri Terengganu tahun 2001 di dalam seksyen 19. Pokok permasalahan tentang bagaimana putusan hakim bagi ornag yang makan di tempat umum pada siang ramadhan pada enakmen di Negeri Kelantan dan Negeri Terenganu selanjutnya yang kedua tentang bagaimana analisa putusan hakim bagi orang yang makan di tempat umum pada siang ramahdan pada enakmen di Negeri Kelantan dan Negeri Terenganu. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan (field research), dan data tersebut diambil di pengadilan syariah negeri Kelantan dan pengadilan syariah negeri Terengganu. Data sekundernya yaitu data-data diperoleh hasil bacaan perpustakaan yang mempunyai hubungan dengan penelitian tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan ketidak seragaman dari aspek hukuman yang dikenakan menurut Enakmen Negeri Kelantan dan Negeri Terengganu. Hal ini karena hukuman yang dijatuhkan kepada orang yang tidak puasa pada siang ramadhan bergantung pada putusan hakim (takzir) dan berlaku ketidak seragaman dalam putusan tersebut dari segi hukuman denda dan penjara. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan pertimbangan bagi masyarakat umum insyaalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Mazhab dan Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 11 Dec 2019 03:06
Last Modified: 11 Dec 2019 03:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/23233

Actions (login required)

View Item View Item