Misliadi (2011) USAHA GURU DALAM MENGEVALUASI HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH HASANAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
|
Text
2011_2011584.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Guru sebagai pendidik mengandung arti yang sangat luas, tidak sebatas memberikan bahan pengajaran akan tetapi mengaandung etika dan estetika dalam menghadapi kehidupan di masyarakat. Sebagai pengajar, guru hendaknya memiliki rencana pengajaran yang cukup matang, perencanaan tersebut sangat erat kaitannya dengan berbagai unsur seperti tujuan dan bahan pengajaran, kegiatan dan metode belajar, serta evaluasi hasil belajar siswa. Upaya guru mengevaluasi hasil belajar siswa yang sesuai dengan landasan teori yang ada adalah merupakan penelitian yang penulis lakukan di MTs Hasanah Pekanbaru. Namun dari studi pendahuluan di temukan gejala-gejala yang berkaitan dengan judul penelitian. Gejala tersebut adalah masih ada sebagian guru tidak melakukan pre test dan posttes pada awal dan akhir pembelajaran, masih ada sebagian guru mengevaluasi pada tiap semester saja, masih adanya guru kurang memperhatikan tiga ranah dalam mengevaluasi yang terutama aspek afektif dan psikomotorik. Oleh karena itu, penulis ingin mencari solusi tentang bagaimana upaya guru dalam mengevaluasi hasil belajar siswa , dan apa faktor yang mempengaruhi upaya guru dalam mengevaluasi hasil belajar siswa. Selanjutnya, penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, wawancara dan tes terhadap subjek penelitian. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase. Rumusnya ialah: x 100 Berdasarkan data yang diperoleh di lapaangan, dapat disimpulkan bahwa upaya guru mengevaluasi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Hasanah Pekanbru tergolong “cukup optimal” karena secara kualitatif diperoleh persentase 57,14% Adapun faktor yang mempengaruhi upaya guru dalam mengevaluasi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Hasanah pekanbaru adalah: 1. Faktor internal Latar belakang pendidikan guru Pelatihan dan penataran Pengalaman guru 2. Faktor eksternal Pengawasan dari kepala sekolah Sarana dan prasarana
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 01 Feb 2016 07:24 |
Last Modified: | 01 Feb 2016 07:24 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2323 |
Actions (login required)
View Item |